Search This Blog

Sunday, June 13, 2004

LO, HASIL TEST PACK KOK BISA SALAH?

Mungkin saja kualitas alat yang digunakan rendah, atau malah cara penggunaannya tidak tepat.


Walau sudah telat haid dua minggu, Rinta tetap yakin dirinya tak hamil. Keyakinannya berawal dari alat tes kehamilan dengan test pack yang menunjukkan hasil negatif. Berkat desakan sang suami, ia melakukan tes lebih lanjut dengan datang ke dokter kandungan. Ternyata pemeriksaan USG menyatakan Rinta positif hamil enam minggu.


Mengapa hasil tes di rumah dan di laboratorium bisa berbeda? Padahal pada kemasan test pack biasanya tertulis keterangan 99% akurat. Dengan meneteskan urin di permukaan alat, seharusnya hasil deteksi positif hamil atau tidak bisa didapat dalam hitungan menit.


KELIRU PEMAKAIAN



Menanggapi kasus yang dialami Rinta, dr. H. Taufik Jamaan, Sp.OG., menjelaskan sebenarnya alat ini bekerja dengan mengecek kadar hormon Human Chorionic Gonadotropin (HcG) dalam darah. Hormon HcG adalah jenis hormon kehamilan yang diproduksi dalam plasenta sesaat setelah embrio menempel pada rahim ibu.


Nah, adakalanya hasil tes kehamilan tidak akurat karena berbagai penyebab. Salah satunya karena alat itu rusak dan tidak layak pakai. Kerusakan ini umumnya disebabkan suhu tempat penyimpanan test pack yang tidak cocok, sementara menurut Taufik, test pack harus disimpan di tempat yang sejuk atau tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin. Jika syarat ini tidak terpenuhi, maka sensitivitasnya dalam mendeteksi kehamilan pun jadi kurang akurat.


Selain itu, memang ada test pack yang memiliki kualitas rendah sehingga tingkat akurasinya perlu dipertanyakan. Lantaran itu, tutur Taufik, agar hasil tes tak keliru, pilihlah test pack yang berkualitas. Juga, gunakan sesuai petunjuk. Pemakaian alat tes secara asal-asalan sangat mungkin menghasilkan data yang tidak akurat. Umpamanya, dalam kemasan tertulis urin yang harus digunakan adalah urin pagi hari begitu bangun tidur tapi ibu malah melakukan tes, siang atau sore hari. Tentu saja, test pack yang dipakai jadi tidak cukup sensitif mendeteksi hormon kehamilan karena hanya urin pertama setelah tidur yang kental kandungan hormon HcG-nya.


Taufik juga mengingatkan, mungkin saja masalahnya bukan disebabkan kualitas test pack yang jelek, tetapi gangguan hormonal yang menyebabkan haid telat datang. Penyebab umumnya adalah masalah psikologis, seperti stres akibat tekanan pekerjaan atau masalah keluarga.


KEGUGURAN TAK DISADARI



Di lain pihak, Taufik menganjurkan, meskipun tes di rumah menunjukkan hasil negatif kalau haid terlambat datang, berlakulah seperti layaknya sedang hamil. Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan petunjuk kehamilan, salah satunya perubahan rasa pada tubuh. "Biasanya ada rasa kembung, nyeri tekan pada payudara, dan sering tidak enak badan. Kalau ada perubahan seperti itu dan tidak ada penyakit lain, sangat mungkin ibu positif hamil," ungkap ginekolog yang berpraktek di Klinik Morula RS Bunda, Jakarta Pusat ini.
Sikap tidak peduli jelas merupakan tindakan keliru karena jika memang terjadi kehamilan dan ibu tidak menjaganya, maka bisa terjadi abortus spontan. Keguguran yang tidak disadari ini ditandai dengan vlek berupa darah. Biasanya ibu akan mengira hal itu sebagai menstruasi biasa.


LAKUKAN TES KEMBALI



Jika yakin kehamilan tengah berjalan, tidak ada salahnya mengulangi tes di rumah keesokan harinya. Gunakan alat tes yang diyakini lebih sensitif dan lakukan sesuai petunjuk. Penggunaan test pack berulang di antaranya dianjurkan oleh The National Institute of Enviromental Health Sciences di Amerika. Penelitian yang mereka lakukan terhadap alat tes kehamilan di pasaran menunjukkan bahwa hasil tes tidak selalu dapat diandalkan. Mungkin saja hasilnya negatif sementara kehamilan sebetulnya terjadi.


Mengapa bisa seperti itu? Tak lain karena proses kehamilan pada masing-masing wanita memiliki perbedaan. Ini diperkuat dengan penelitian terhadap 221 wanita yang sedang merencanakan kehamilan yang dilakukan lembaga tersebut. Dari 136 wanita yang berhasil hamil, hanya sekitar 90 persen yang implantasi embrionya terjadi pada saat haid terlambat satu hari. Meskipun demikian, test pack belum bisa mendeteksi kehamilan yang terjadi karena kadar HcG dalam darah masih terlalu rendah. Untuk itulah, penggunaan test pack dianjurkan tak hanya sekali saja.

Kesimpulannya, kalau menginginkan hasil akurat, ibu bisa menjalani tes darah ataupun pemeriksaan USG. Tes darah di laboratorium bisa mendeteksi kadar hormon HcG. "Tes ini umumnya lebih efektif karena bisa mendeteksi kadar HcG yang rendah, sekitar 20-30/mµ. Kalau kadarnya di bawah 20/mµ berarti kehamilan memang negatif," ujar Taufik. Namun umumnya, tes HcG hanya dilakukan pada terapi kehamilan, bayi tabung misalnya.

Sedangkan pemeriksaan dengan USG dilakukan oleh ginekolog. "Bila tes menunjukkan hasil positif, tindakan yang biasanya dilakukan oleh dokter adalah memberi obat penguat kehamilan," ujar Taufik.


Saat Tepat DAN AKURASI



Kapan saat tepat melakukan tes kehamilan di rumah? Kata Taufik, lakukan pada hari ke-16 setelah melakukan hubungan intim. Tak perlu menunggu sampai telat menstruasi. Jika perkembangan pembuahannya baik, umumnya di hari ke-16 setelah berhubungan intim, alat tes bisa mendeteksi adanya kehamilan atau tidak. Bahkan ada alat yang bisa mendeteksi kehamilan lebih cepat lagi, yaitu pada hari ke 7 sampai 10 setelah berhubungan intim. "Dengan catatan hubungan intim dilakukan saat istri sedang subur," tambahnya. Selebihnya, ada alat tes yang memang lebih efektif kalau digunakan setelah ibu telat haid.


Yang perlu diketahui, alat tes kehamilan yang ada di pasaran hanya mampu mendeteksi kehamilan dengan kadar HcG dalam darah 50/mµ. Kalau di bawah itu, meskipun sebenarnya ibu positif hamil, alat tes umumnya tidak dapat mendeteksi. Hal ini merupakan kelemahan test pack disamping bahwa keakuratannya bisa mencapai 97%. Tentu saja hasil tersebut bisa dicapai bila tes dilakukan dengan cara yang tepat sesuai petunjuk pada kemasan.


Irfan Hasuki. Foto: Iman/nakita




33 comments:

Chacha Charisse said...

keren artikelnya.. :)

Meta Bahagia said...

Terima kasih banyak. Artikelnya memberikan banyak pengetahuan baru. Saya menunda kehamilan setelah menikah (dgn mngonsumsi pil KB) dan sekitar 5 bulan lalu berhenti. Meskipun telah berhenti, saya dan suami benar2 sibuk dan saya dlm keadaan stres berat (lelah karena masa praktek kuliah). Masa-masa melelahkan itu telah saya lewati dan sekarang saya merasa jauh lebih sehat. Saya terlambat mens dan setelah dites (dgn testpack) negatif. Saya merasa saya hamil dan tetap mengonsumsi makanan bergizi. Saya dan suami akan melakukan tes lagi.

Nana said...

trimakasih artikelnya. Saya lagi telat udah 2 minggu, tetapi hasil tes selalu negatif. Belum berani ke dokter,karena nervous banget. saya udah nikah 7 tahun dan baru pertama kali terlambat sampai 2 minggu. Tadinya saya udah putus asa setelah tes negatif, tapi setelah baca artikel ini, masih berharap kalau saya positif hamil.. doanya ya???

Anonymous said...

Aku tp nya juga slalu negatif..ini dah tlat lebih dr 2 mg..kmrn sempat kena kyk gejala infeksi sal kemih..tkut knapa2 akhirnya priksa ke spog..trus di usg trans abdominal..trus dibilangnya dah keliatan kantung gestasi usia 2-3 minggu..ada yg bilang..kantung gestasi baru bisa terlihat di usia kehamilan >4 minggu? Itu pun transvaginal..di tes pack slalu negatif..sbnrnya aku hamil ga sih?...:(

Anonymous said...

thanks artikelnya..sy sdh 11 hari telat haid..pada hari ke-5 sy tp hasilnya negatif, 3 hari kemudian sy tp lagi tpi masih negatif, sampe sekarang belum test lagi.ada saran apa yang harus kulakukan?...tambahan: sy punya riwayat haid tidak teratur tp 3 bulan ini alhamdulillah lancar cma sedikit.terimakasih sebelumnya..

mutia said...

Terima kasih banyak artikel'y membuat saya semangat lagi..,
saya telah menikah 1 thn 8 bln biasa'y saya haid lancar, tapi ini udah 1 bln terakhir haid tgl 11 agustus tapi semalam saya test hasil'y negatif...,
saya sangat kecewa sekali dan sedih padahal tanda** kehamilan sudah saya rasakan (itu yg membuat saya kepedean klu saya hamil).., saya tidak mau ke dokter krn tkt diberi obat memperlancar haid..,
sekali lagi terima kasih sudah buat saya semangat kembali...

Anonymous said...

Menurut hasil USG saya hamil 6 minggu 3 hari tp haid saya selalu datang lancar 3 bulan terakhir ini dan juga saya coba dgn testpack hasinya (-),padahal ketemu suami dari umur kehamilan itu 2,5 bulan y lalu,dan terakhir ketemu suami kurang 2 minggu saya lkkn pemeriksaan dinyatakan hamil 6 minggu 3 hari..sebenarnya hitungannya gimana? Bingung saya tp mudah2an saya benar2 hamil ya...

Anonymous said...

saya juga sudah telat 2 minggu, setelah pake test pack hasilnya negative terus,iseng2 googling kalo pake test pack yg harganya lebih mahal hasilnya lebih akurat :D, sedangkan saya pakenya yg harga 3 rebuan :D, nanti mau dicheck lagi.

SITI JAMILA said...

artikelnya sangat membantu, mudah2an tdk terjadi sesuatu, krn tanda2 "keguguran tak disadari" mirip seperti yg saya alami skr

Anonymous said...

sebaiknya jangan terlalu pesimis jika bunda yakin hamil namun testpack menunjukkan tanda (-), aku mengalaminya.... Tiba2 telat sebulan lebih... Aku terus coba pake testpack tp hasilnya negative. Aku mikir mungkin emg telat mens. Selang beberapa hari aku mengalami pendarahan, langsung ke dokter buat USG ternyata sdh berjalan 7 minggu. Namun sayang janin tak dapat dipertahankan krn pendarahan yg hebat. Sebaiknya rajin2 aja kontrol ke dokter saat bunda yakin tengah hamil...

Anonymous said...

Terima kasih artikel nya ,saya sudah lepas KB sudah 3 tahun,dan sudah normal haid 1,5 tahun,tidak pernah terlambat,sekarang saya terlambat 5 hari ,perut saya mual tiap hari pada saat-saat tertentu dan merasa tidak enak badan,apakah saya hamil?,suami saya sangat berharap saya hamil,karena anak pertama saya sudah berumur 7 tahun.

Anonymous said...

saya telat 5 hari, setelah dilakukan test pack hasilnya negatif. setelah melihat artikel ini maka saya akan melakukan test lab atau USG. mohon doanya hasilnya positif hamil...

Anonymous said...

semoga hasilnya positif

Anonymous said...

saya telat 15 hari..terus pagi sebelum ke dokter (jumat 25/5 2012)test pack hasilnya negatif..di RS di USG juga kosong tp test lab hasilnya positif samar-samar..3 hari kemudian test pack hasilnya negatif...sampai sekarang belum dpt haid tpi emang sih haidku gak lancar sering 3 buln ..tp 2 bulan ini sdh lancar..saya deg-degan ni...ada yang bisa bantu ga?

Anonymous said...

testpack emang ga ngaruh kadang2,saya hampir 5kali pake test pack,selalu negatif.. giliran ke dr,ternyata usia kandungan saya udah 3bln... alhamduliah.. feeling emang kuat,walo kata test pack negatif,, tp karna saya yakin saya lg hamil,, makanya ngotot..

Anonymous said...

Terima kasih atas artikelnya.Saat ini saya masih harap-harap cemas.Bulan ini sempat telat haid lima hari.Terus tiba-tiba keluar darah kecoklatan seperti lagi haid. Tapi cuma berlangsung setengah hari dan langsung bersih. Ada yang bilang itu mungkin tanda hamil.Tapi beberapa hari kemudian aku tes dan hasilnya negatif. Hanya saja aku masih berharap hasil tesnya keliru. Doakan pada tes berikutnya hasilnya positif ya..

Unknown said...

Sayaa jg skrg lg harap2 cemas.. Sdh terlambat haid 7 ♓αŕΐ.. Biasanya selalu tepat tgl 20 ραšτї haid. Kmren sy test negatif :( terakhr saya berhuubungan dg suami bulan mei akhir. Apakah msh bs hamil? Tp tanda2 kehamilan sy rasakan.. Perut terasa kembung.. Sering panas pusing dan buang air kecil trs.. Nohon pencerahannya.. Artikel ini Sdh membuat sy semangat lg..ƙƖ☺ test pack bs saja salah.. Doakan Ɣåå mdh2an test bsk lg hasilnya positif... Aamiinnnn

Unknown said...

Sayaa jg skrg lg harap2 cemas.. Sdh terlambat haid 7 ♓αŕΐ.. Biasanya selalu tepat tgl 20 ραšτї haid. Kmren sy test negatif :( terakhr saya berhuubungan dg suami bulan mei akhir. Apakah msh bs hamil? Tp tanda2 kehamilan sy rasakan.. Perut terasa kembung.. Sering panas pusing dan buang air kecil trs.. Nohon pencerahannya.. Artikel ini Sdh membuat sy semangat lg..ƙƖ☺ test pack bs saja salah.. Doakan Ɣåå mdh2an test bsk lg hasilnya positif... Aamiinnnn

Anonymous said...

saya sudah terlambat haid 1 mggu,tp hasil test pack selalu negatif. Selama bulan puasa sebaikny melakukan test urin pada pagi,siang atau sore hari? Thx

Anonymous said...

Apa yang saya alami juga sama, saya sudah telat haid nih 3 hari (biasanya selalu on time),tapi tadi pagi saya test pakai onemed kok hasilnya -, benar2 sedih deh..padahal sudah yakin hamil, udah mual2 terus, dan muka penuh dgn jerawat..yah semoga saja ini benar2 hamil..saya sgt berharap! Doakan ya teman2...makasih

Unknown said...

wah sama...td pagi saya jg test dgn onemed dan saya sdh telat 3hr...tp hasilnya negatif... tp saya msh yakin klo saya hamil... mudah2an feeling saya benar... doakan yaaa....

Anonymous said...

hari ini aku sudah telat 5 hari, kemarin pagi sudah TP pake sensitif tapi hasilnya tetep satu garis, agak nyesek sih...
sebelumnya sudah TP 2x pake onemed juga negatif, kayaknya bner2 belom hamil..hiks
bsk misal uda siklus hari ke 40 blm mens juga, aku berencana periksa ke dokter. doakan sayaaa...

Anonymous said...

haid bulan kemarin tgl 5 skg udah tgl 12 tpi kok sya belum dpt juga penasaran sya coba pke testpack tapi hasilnya negatif terus dri testpack mahalan sampe murahan dri tgl 5 smpe skg tetep aja hasilnya negatif mohon penjelasannya yah

Anonymous said...

Saya mens terakhir tgl 11 agustus, biasanya mensnya mundur 2 hari dari mens bulan sebelumnya ini sudah tgl 17 september tapi blm mens juga, saya tp hasilnya -, tapi ciri2 hamil saya rasakan suhu badan meningkat, perut kembung, susah buang air besar, cat: bulan juni saya melakukan operasi kista di ovarium, kira2 apa penyebab saya terlambat mens ya? Thanx sebelumnya.

klikharry said...

Yang jadi pertanyaan adalah; kok bisa hasil tes pack negatif padahal pada kemasan test pack biasanya tertulis keterangan 99% akurat. Dengan meneteskan urin di permukaan alat, seharusnya hasil deteksi positif hamil atau tidak bisa didapat dalam hitungan menit.

Anonymous said...

testpack kan buatan manusia..wajar klo salah.

Anonymous said...

skrg sy telat 2 bln. tp msh negatif. o iya sblmnya sy mw ksh tw sy pnya riwayat ketidakseimbangan hormon. sbnernya apa ada hub nya antara hasil test pack dg ketidakseimbangan hormon? krn di kehamilan sy yg pertama(keguguran) pd saat itupun sy test pack hasilnya neg. klo sy dulu mungkin tw. pasti sy lbh hati2. skrg msh berharap bgt, tp mau ke spog msh takut. takut kecewa. jd sy mw tunggu sampe bnr2 telat 3bln baru deh tar ke spog

Maya said...

Saya Baru Menikah dan bulan ini saya sudah telat 3 hari biasanya saya selalu ontime setelah saya cek dengan tp sensitif hasilnya (-),kecewa bgt karena saya dan suami tidak menunda kehamilan, tp sampai saat ini saya belum mens, mudah2an tpnya yg salah...berharap...doakan yaaaaaa

Anonymous said...

Saya punya riwayat siklus mens g teratur. Karna udh keseringan pke TP nd hasilnya selalu negatif jd males pke. Tp gara2 males itu jg saya harus keguguran usia kandungan 2 bln.. Apapun hasil dari TP itu mau g mau kita harus cob walaupun kadang hasilnya g sprti yg kita harapkan



fantasticmam said...

Mau tanya sy sll punya siklus mens teratur. Terakhir period 25 juni. Seharusnya dpt period lg 25 juli tp sampai hari ini sdh telat 15 hari. Sdh tes pack 3x kl tdk salah hasil(-)bgmn ya?mhn saran trima ksh

Anonymous said...

Saya telat 3 mgg di hari k 49 telat sya testpack sore hari hasilny samar bngt.. hr k 51 testpack lg pgi tp mlah brubah jd negatif .. pgi ini hr k 53 sy cb testpack lg hasilnya pun tetap negatif.. tp smw tnda kehamilan sdh sya raskan dr mual, pusing, sensitif bau, pyudara bengkak.. sebelumny siklus haid saya jg ak mundur tp ini terlama.. bhkan lebih lama dr saat saya habis keguguran.. lyt postingan disini saya jd bersemngat lagi.. mudah2an saya hamil krn sudah menanti 3th lebih

Unknown said...

Duhh jadi semangat lagii.. Tdnya sempet syokk.. Aku ud telat mens 1 minggu.. Biasanya tgl 27/28 aku udh mulai haid, t sebelum tanggal itu aku rasa2nya seperti mau haid (pinggang sakit, payudara sakit, perut seperti mau keluar haid,keputihan) tapi sudah 1 minggu lewat dari tgl 27 aku blm juga haid, terus tiba2 aku TP (aku juga sama pakai ONEMED) hasilnya garis 2 samar, keesokannya aku TP lagi hasilnya garis 2 lebih samar lagi. Terus selang 2hari aku mengalami perdarahan sedikit (seperti hari pertama haid) lalu aku TP pakai onemed lg ko hasilnya jadi garis 1 yah... Kira2 knapa yaahh.?? Aku sih belum periksa ke drSPOG. Ada yang tau kah Bunda.? Ohiya sebelumnya aku ada riwayat kuret karna kehamilan pertama janin tidak berkembang karena di trimester 1 aku mengalami sakit cacar. Doakan yh bun semoga yg sekarang aku beneran hamil dan kuat janin.. Aminn

Anonymous said...

Jadi semangat buat pergi ke dokter sore ini. Smoga hasil tp kemarin salah .. Yeaayyyy