Search This Blog

Sunday, July 25, 2004

BOORWATER UNTUK CUCI MATA? AWAS, BAHAYA!

BOORWATER UNTUK CUCI MATA? AWAS, BAHAYA!
Meski belum ada penelitian resmi, penggunaan boorwater diduga dapat menyebabkan mata kering. Bahkan bisa mengakibatkan gangguan fungsi hati pada penggunaan jangka panjang. Benarkah?

Siapa yang tak kenal boorwater? Selama ini air yang diklaim suci hama tersebut lazim digunakan sebagai obat pencuci mata. Kala mata merah, perih, atau bengkak, boorwater-lah obatnya. Selain itu boorwater dapat dipakai untuk mencuci kulit yang terluka. Tak heran kalau di banyak keluarga boorwater selalu tersedia di kotak obat.

Padahal seperti dituturkan dr. Hadi Prakoso, Sp.M, penggunaan boorwater berisiko menyebabkan gangguan pada mata. "Penggunaan boorwater terus-menerus dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan mata kering." Itu sebabnya, opthalmologist atau dokter spesialis mata dari Klinik Mata Nusantara ini tidak menganjurkan pemakaian boorwater kepada pasiennya.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan bahwa indra penglihatan sebenar-nya sudah dilengkapi oleh mekanisme pembersihan diri. Setiap kali berkedip, saat itulah air mata keluar untuk membersihkan mata. Lewat air mata, kotoran-kotoran di mata dibersihkan dan dibuang keluar.

Selain itu mata juga mampu membuang kuman dan bakteri yang ada di mata. "Air mata mengandung lisozim, betasin, Imunoglobulin A, dan Imunoglobulin G yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri," tambah Hadi pula. Barulah pada kasus-kasus tertentu dimana mata tidak bisa memfungsikan mekanisme pembersihannya, seperti pada kasus gangguan mata berat, mau tidak mau harus digunakan obat-obatan dan tindakan lain yang diperlukan.

GANGGUAN SARAF & FUNGSI HATI

Senada dengan Hadi, farmakolog DR. dr. Ernie Purwaningsih, MS., menuturkan bahwa boorwater sebetulnya merupakan larutan air dan asam borat. Jenis asam inilah yang diyakini berbahaya bagi mata anak. Asam borat merupakan senyawa kimia berbentuk kristal lunak yang memiliki sifat antiseptik dan mudah larut dalam air. "Kandungan asam borat yang terdapat pada boorwater adalah 3%. Ini merupakan konsentrasi ideal dan berlaku standar sebagai obat di seluruh dunia. Jika lebih dari 3 persen, dikhawatirkan asam boratnya akan mengendap dalam air. Sebaliknya, jika kandungannya di bawah 3%, kemungkinan efektivitasnya sebagai antiseptik akan berkurang," ujar Ernie.

Lalu kenapa boorwater dianggap membahayakan mata anak? Karena mukosa atau selaput mata mata anak lebih tipis dibanding selaput mata orang dewasa, hingga lebih mudah teriritasi. Selain itu, gangguan mata seperti mata merah yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah akan memudahkan asam borat yang terkandung dalam boorwater terserap masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, obat yang seharusnya berefek topical atau mengobati gangguan di bagian luar mata saja akan menjadi racun di dalam tubuh.

Semakin tinggi intensitas pemberian boorwater akan kian banyak pula asam borat yang masuk ke dalam tubuh. Jika pemakaian dilakukan dalam jangka panjang, asam borat yang terakumulasi dalam tubuh akan mengganggu fungsi hati dan menimbulkan gangguan susunan saraf pusat yang bisa "terbaca" lewat gejala kejang-kejang dan demam tinggi.

Namun semua zat kimia yang masuk ke dalam tubuh pastilah terlebih dulu mengganggu lokasi penyerapannya. Ernie mencontohkan asam borat yang tertelan mula-mula akan mengganggu saluran cerna dengan gangguan yang umum muncul di antaranya muntah-muntah dan diare. Jadi, bahaya yang mesti diwaspadai pertama kali dari penggunaan boorwater adalah intoksikasi atau keracunan pada mata anak. Ernie menjelaskan, asam borat bisa menyebabkan gangguan produksi air mata yang mengakibatkan mata jadi kering. Jika mata menjadi kering akibat kekurangan dan ketiadaan air mata, maka mukosa lapis lendirnya bakal mudah pecah dan tampaklah bercak-bercak kering.

Untuk memeriksa apakah mata seseorang kering atau tidak, menurut Ernie bisa dilakukan dengan uji break up time (BUT), yaitu waktu terjadinya bercak kering pada permukaan kornea sesudah satu kedipan. Bercak kering ini mudah terjadi bila jumlah air mata berkurang. Dengan kata lain, uji BUT mengukur secara kasar mutu dan stabilitas lapisan lendir mata. BUT mata normal berkisar antara 15-45 detik. Bila angkanya lebih kecil dari 10 berarti mata tidak normal karena lapis lendirnya gampang pecah yang membuat mata kering.

Lazimnya uji BUT dilakukan pada penderita keratokonjungtivitis sika atau kekurangan lapis lendir dan radang mata menahun. Khusus untuk keratokon-jungtivitis sika, kadang dilakukan pula uji Schirmer untuk menilai mutu air mata yang tidak tergantung pada kadar lapis lendir.

Ernie menjelaskan bahwa mereka yang terkena gangguan mata kering akibat produksi air matanya berkurang, permukaan matanya akan mengalami iritasi. Gejala-gejala yang timbul karena kondisi tersebut bisa beragam, seperti mata terasa panas, gatal, perih, memerah, mengganggu serta mengganjal saat mata mengedip. Kornea mata pun jadi keruh yang mengakibatkan gangguan pada penglihatan, semisal tak bisa lagi menangkap bayangan gambar dengan baik. Saat membaca, anak akan sulit membaca tulisan-tulisan yang ada di buku tersebut karena pandangannya kabur.

Dampak lain yang lebih parah dari penggunaan boorwater adalah mudahnya anak terkena infeksi, seperti trachoma yang dapat menimbulkan gangguan penglihatan. Dalam jangka panjang, gangguan ini akan menjalar ke kornea mata anak. Kalau gangguannya sudah terbilang amat parah, apa boleh buat mata yang rusak mesti diangkat.

Sementara menurut Erni pun penggunaan boorwater pada kulit yang luka tidak dibenarkan. Memang dalam jangka pendek kulit yang terluka itu jadi lebih cepat kering. Tapi Ernie mengingatkan bahwa kulit yang terluka merupakan "pintu masuk" bagi asam borat yang bersifat membahayakan tubuh. Para pakar pun, tukasnya, kini banyak yang meragukan efektivitas boorwater sebagai pengobat luka.

MAKIN PEKAT

Parahnya lagi, tukas pengajar dan peneliti dan peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini, kandungan ideal sebesar 3% dalam boorwater bisa meningkat karena beberapa faktor. Salah satunya karena botol yang dipakai sebagai wadah boorwater tidak tertutup rapat dan menyebabkan air pelarutnya menguap. Akibatnya, kepekatan asam borat dalam air yang tersisa semakin meningkat. Dampak negatif setiap tetes boorwater pun akan semakin tinggi.

Penyimpanan yang tidak bersih juga bisa menimbulkan dampak negatif lain. Boorwater bisa terkontaminasi oleh kuman dan bakteri. Jadi, alih-alih membuat mata sehat, boorwater yang tidak steril malah bisa membuat gangguan mata jadi lebih parah. Mata yang mulanya hanya sedikit memerah karena terkena debu malah jadi terinfeksi oleh kuman dan virus.

Namun Ernie mengakui hingga saat ini di Indonesia belum ada penelitian tentang dampak negatif boorwater, baik pada mata maupun pada organ tubuh lain. Meski begitu ada baiknya bila khalayak melakukan tindak pencegahan terhadap dampak negatif yang diakibatkan oleh penggunaan boorwater.

TIPS PENGGUNAAN BOORWATER

Berikut beberapa tips dari Ernie seputar penggunaan boorwater:

* Waspadai keberadaan boorwater yang masih banyak beredar di pasaran. Penggunaannya sebaiknya dibatasi hanya sebagai pengompres kulit. Namun, hindari penggunaan secara langsung pada kulit yang luka. Mencuci kulit yang terluka, cukup dengan air bersih.

* Bila mata kelilipan entah kemasukan pasir, bulu mata, atau debu, tidak perlu harus dicuci dengan boorwater. Air bersih saja sudah cukup.

* Penggunaan boorwater sebaiknya tidak lebih dari seminggu. Dikhawatirkan, pemakaian yang melebihi tenggang waktu ini menyebabkan peningkatan konsentrasi asam borat di lokasi pemakaian. Sementara kesterilannya juga tidak bisa terjamin.

* Meski keluhan mata kering akibat pemakaian boorwater lebih banyak dialami anak-anak, ada baiknya hindari pula pemakaian pada kalangan dewasa.

Saeful Imam. Foto: Iman/nakita


21 comments:

Anonymous said...

If you wish for to take a great deal from this paragraph then you have to apply such methods to
your won weblog.
Also visit my site ; Laptop Flight case

Anonymous said...

This info is worth everyone's attention. When can I find out more?
Also see my web site > marketing

Anonymous said...

First of all I would like to say superb blog! I
had a quick question which I'd like to ask if you do not mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your head prior to writing. I have had a hard time clearing my mind in getting my ideas out there. I truly do enjoy writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes are generally lost simply just trying to figure out how to begin. Any suggestions or hints? Thanks!
Here is my web blog : we buy houses fast for cash PA

Anonymous said...

Amazing! Its really amazing article, I have got much clear idea regarding from this paragraph.
My web-site ; Geeks on Steroids Janeth

Anonymous said...

I need to to thank you for this very good read!
! I absolutely loved every bit of it. I have got you book-marked to check out new things you post…
Have a look at my blog post cheap dr. dre pro headphones online

Anonymous said...

Greate article. Keep posting such kind of info on your page.

Im really impressed by your site.
Hey there, You've done a fantastic job. I'll certainly digg it
and for my part suggest to my friends. I'm sure they will be benefited from this site.
Also visit my site ... My adult dating

Anonymous said...

Malaysia & Singapore & brunei ultimate on the internet blogshop for wholesale & quantity korean add-ons, earrings, earstuds,
necklace, rings, hair, bracelet & bracelet add-ons.
Deal 35 % wholesale rebate. Ship Worldwide
Look at my blog ; Singapore necklace blogshop

Anonymous said...

Malaysia & Singapore & brunei finest internet blogshop for
wholesale & quantity korean accessories, earrings,
earstuds, choker, rings, bracelet, bracelet & hair accessories.
Offer 35 % wholesale price cut. Ship Worldwide
my web page :: salt lake city locksmith

Anonymous said...

Wow that was odd. I just wrote an extremely long comment
but after I clicked submit my comment didn't show up. Grrrr... well I'm not writing
all that over again. Anyway, just wanted to say great blog!
Also visit my site :: Buy Cheap YouTube Views

Anonymous said...

A motivating discussion is worth comment. I think
that you need to publish more on this topic, it may not be a taboo matter but typically folks don't discuss these subjects. To the next! Many thanks!!
Also visit my blog post - buy Youtube views cheap

Anonymous said...

For most up-to-date information you have to pay a visit world wide web
and on web I found this website as a finest web page for most recent updates.
Take a look at my web blog : DSL Anbieter

Anonymous said...

Hi, There's no doubt that your web site might be having browser compatibility problems. Whenever I look at your web site in Safari, it looks fine however, when opening in IE, it's got some overlapping issues.
I just wanted to provide you with a quick heads up!
Other than that, fantastic website!

Feel free to surf to my web-site :: get the 411 pain

Anonymous said...

hello there and thank you for your information – I have certainly picked up anything new from right here.
I did however expertise several technical issues using this website, as I experienced to reload the site lots of times previous to I
could get it to load correctly. I had been wondering if your hosting is OK?
Not that I am complaining, but slow loading instances times
will often affect your placement in google and can damage your high-quality score
if advertising and marketing with Adwords. Well I am adding this
RSS to my e-mail and could look out for a lot more of
your respective exciting content. Ensure that you update
this again soon.

My web page; Shabby Chic Moebel Karlsruhe
Also see my web site: Shabby Chic Moebel Karlsruhe,Vintage Moebel Karlsruhe,Villa Schoensinn Karlsruhe

Anonymous said...

These are genuinely impressive ideas in regarding blogging.
You have touched some good things here. Any way keep up wrinting.


My weblog: BMW Z4 Windscreen

Anonymous said...

Excellent blog here! Also your site a lot up fast!

What host are you the use of? Can I am getting your associate
link on your host? I desire my website loaded up as quickly
as yours lol

Also visit my homepage BMW Z4 Windscreen

Anonymous said...

What i don't understood is in fact how you're not really a lot more smartly-favored than you may be right now.
You are so intelligent. You already know therefore considerably relating
to this topic, produced me in my view imagine it from a
lot of varied angles. Its like women and men are
not involved unless it is something to do with Woman gaga!
Your own stuffs nice. All the time take care of it up!

My website :: domain names for sale

Anonymous said...

Hi there, all the time i used to check blog posts here early in the morning, since i
like to gain knowledge of more and more.

Feel free to visit my site - domains for sale

Anonymous said...

Very shortly this website will be famous among all
blogging users, due to it's pleasant articles or reviews

Check out my blog ... click for source

Anonymous said...

You really make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be actually something
which I think I would never understand. It seems too complicated and
very broad for me. I am looking forward for your next
post, I will try to get the hang of it!

Here is my web-site :: www.onhiddencam.info

Anonymous said...

Hi there to all, how is everything, I think every one is getting
more from this site, and your views are good designed for new
viewers.

Also visit my web blog Http://www.Cfnmfever.Net

Anonymous said...

I don't even know how I ended up here, but I thought this post was great. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers!

Here is my web blog http://www.xxxhardcoretubes.com/