Search This Blog

Tuesday, July 27, 2004

Bahan Pertimbangan Sebelum Pindah Kerja

Berganti pekerjaan sebenarnya tidak seindah yang Anda bayangkan. Apalagi kalau keputusan untuk pindah itu diambil secara impulsif. Sebagai manusia, rasa tak puas terhadap apa yang sudah dimiliki memang sering muncul. Bila Anda kurang puas terhadap pekerjaan yang sekarang, akan lebih baik bila Anda mengambil langkah yang lebih konservatif. Pertimbangkan beberapa hal dibawah ini sebelum mengarah ke tempat kerja lain.

A. KESENANGAN LEBIH BERHARGA
Bisa jadi tempat lain menawarkan pendapatan finansial yang lebih.besar ketimbang kantor Anda yang sekarang, hanya saja belum tentu Anda mendapatkan kesenangan yang serupa. Lingkungan kerja dan tugastugas baru yang akan diberikan tentu saja berbeda dari pada di kantor Anda sebelumnya. Sesuai dengan jumlah rupiah yang diterima, Anda juga mesti siap dengan tanggung jawab ataupun beban tugas yang sebanding. Jika Anda senang, merasa tertantang dan dibayar dengan wajar, tak ada alasan kuat untuk pindah kerja. Jangan mudah terbujuk dengan jumlah pendapatan yang lebih besar.

B. SUASANA KANTOR
Kantor sebenarnya bisa dikatakan tempat kedua, setelah rumah, dimana Anda menghabiskan waktu. Kalau sudah begini, suasana kerja di kantor boleh dikatakan menjadi sesuatu yang sangat penting.

Berkaitan dengan suasana kantor, ada tiga pertanyaan penting yang perlu ditanyakan pada diri sendiri sebelum Anda memutuskan untuk pindah kerja.

Apakah Anda dapat diterima dengan baik oleh rekan-rekan sekantor?
Apakah pihak manajemen kantor mendukung kemajuan Anda?
Apakah ada kesempatan bagi Anda untuk melanjutkan pendidikan atau mengikuti training?
Jika kebanyakan jawabannya adalah 'tidak', baru pikirkan untuk menerima salah satu tawaran dari perusahaan lain.

C. MENGGANTI TUGAS
Jika Anda mulai bosan terhadap tugastugas monoton yang Anda kerjakan sekarang, pindah kerja bukanlah solusi yang tepat. Sebab, bisa jadi Anda juga akan menghadapi problem serupa di tempat yang baru. Anda bisa mengganti pekerjaan tanpa mengubah tempat kerja. Dengan begitu, justru ada dua keuntungan yang diperoleh. Pertama, Ada hal-hal baru yang akan dipelajari, baik itu berupa keterampilan maupun pengetahuan. Kedua, suasana kerja yang dihadapi tetap sama. Jadi, tak dibutuhkan adaptasi lagi.

D. NILAI YANG PENTING BAGI ANDA
Tentukan apa yang sebenarnya paling dianggap penting dari suatu pekerjaan. Apakah Anda lebih mementingkan uang ketimbang kesenangan bekerja? Apakah Anda lebih suka memiliki lebih banyak waktu luang ketimbang kerja keras? Nah, hal-hal seperti inilah yang mesti diperhatikan sebelum pindah kerja. Tentukan nilai mana yang paling penting untuk Anda. Bila nilai-nilai tersebut sudah didapat pada kantor yang sekarang, mengapa mesti pindah?

No comments: