Search This Blog

Wednesday, July 07, 2004

MELENGKAPI KOLEKSI BACAAN ANAK

Tahukah Anda, membacakan dongeng 15 menit saja setiap hari dapat menumbuhkan minat baca anak. Untuk si kecil, pilih dongeng singkat dengan tokoh-tokoh binatang seperti yang disajikan Pustaka Lebah ini dalam koleksinya, My First Animal Stories. Ada 9 buah buku berukuran kecil dari bahan karton tebal antirobek dengan gambar lucu dan warna-warna menarik. Juga terdapat bonus VCD yang berisi 3 dongeng disertai lagu-lagu. Buku cerita dwibahasa Indonesia-Inggris ini mengandung unsur moral dan budi pekerti.

Dongeng tentang tokoh-tokoh binatang juga bisa didapat dari koleksi Tira Pustaka, yang mengeluarkan paket Kisah-Kisah Margasatwa. Kumpulan kisahnya ditampilkan dengan ilustrasi gambar yang besar-besar disertai narasi singkat dengan gaya bahasa sederhana sehingga mudah dipahami anak. Ceritanya berkisar mengenai nilai-nilai kehidupan, seperti ketekunan, disiplin, dan tanggung jawab. Penyajiannya juga dalam dua bahasa, Indonesia-Inggris.

Buku lain yang juga berharga adalah Tiny Steps Into English yang mengajak si kecil mengenal berbagai benda, warna dan kegiatan seputar anak dalam bahasa Inggris. Keunikan buku ini terletak pada modelnya yang berupa map berbentuk rumah. Di dalamnya terdapat 12 buku mungil dan tebal yang menyerupai potongan-potongan balok.

Alternatif buku sejenis adalah Home Sweet Home. Tujuannya tak berbeda dari buku sebelumnya, yaitu memperkenalkan si kecil akan benda-benda di sekitar lingkungannya dalam
bahasa inggris. Ilustrasi gambarnya lucu dan berwarna-warni. Buku ini pun memungkinkan si kecil menyalurkan hobi coret-coretnya. Tak usah khawatir buku jadi tak karuan, karena coretan-coretan tadi dapat dihapus. Home Sweet Home yang diperuntukkan bagi anak 2 sampai 12 tahun ini juga menyediakan bonus kartu kuartet yang dapat dimainkan sekeluarga.


No comments: